Tags

Pelatihan Tes Potensial Akademik

Pelatihan Tes Potensial Akademik– Sebagian besar dari kita bisa jadi pernah berhadapan dengan TPA (Tes Potensi Akademik). Ada yang serius mempersiapkan dengan membeli beragam buku-buku pelatihan TPA. Tidak sedikit juga yang menghadapinya dengan santai, tidak banyak berkutat dengan pelatihan. Saya termasuk kelompok yang serius menghadapi TPA. Meski tidak sedikit yang menyarankan untuk take it easy, tapi kebiasaan untuk harus belajar sebelum tes apapun tidak bisa begitu saja dihapus.

TPA merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan intelektual atau akademis seseorang. Pelatihan Tes Potensial Akademik– Bentuk soal yang diujikan meliputi tes kemampuan verbal, tes kemampuan matematika, tes kemampuan logika dan tes kemampuan visualisasi. Saya tidak akan membagi tips dan trik bagaimana menghadapi TPA, baik untuk persiapan memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi. Saya ingin sekedar merefleksi hasil pelatihan TPA yang saya lakukan sebagai persiapan untuk melanjutkan studi S2.

TPA, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan TBS (Tes Bakat Skolastik) atau Psikotest. Bisa jadi lain lembaga, lain pula tingkat kesulitannya. Meski baru sekedar latihan, satu hal yang kemudian saya sadari adalah kunci utama dalam mengerjakan TPA (maupun TBS dan Psikotest) adalah ketenangan hati dan pikiran. Tidak hanya tenang, tapi juga harus positive thinking. Apalagi ketika menghadapi tes kemampuan matematika dan tes kemampuan logika yang memang betul-betul membutuhkan ketenangan dan pikiran yang positif. Pelatihan Tes Potensial Akademik– Pada saat pertama kali memulai latihan, saya memang mengerjakan dengan asal-asalan. Pada latihan kedua, saat menghadapi tes matematika, soal yang terlihat rumit membuat pikiran saya menjadi negative thinking. Well, momok terbesar saya memang matematika. Walhasil, skor antara latihan satu dengan latihan dua mengalami penurunan. Meski pada latihan pertama saya mengerjakan dengan asal-asalan tapi saya tidak melihat soal matematika serumit saat mengerjakan latihan kedua.

Pelatihan Tes Potensial Akademik

Pelatihan Tes Potensial Akademik

Maka bagi kawan-kawan yang belum pernah mengikuti TPA, akan lebih mantap jika mengoptimalkan persiapan psikis. Fisik yang buruk, meski sekedar flu atau batuk, bisa menjadi pengganggu efektif ketika mengerjakan TPA. Pun dalam hal psikis, perbanyaklah dzikir, doa, percaya bahwa Tuhan Yang Maha Cendekia lagi Bijaksana akan selalu menuntun dan menolong kita. Pelatihan Tes Potensial Akademik– Dengan demikian, pikiran-pikiran buruk bahwa soal-soal itu sulit, insya Allah, akan semakin menipis. Bagaimanapun hasilnya semoga menjadi refleksi bagi kita karena soal-soal yang diujikan dalam TPA bisa jadi cerminan beragam masalah yang bakal kita hadapi saat kita diterima kerja atau studi.

Mengapa Pelatihan Penting

Pelatihan Tes Potensial Akademik- Pada umumnya calon peserta Tes TPA yang telah lama meninggalkan bangku kuliah di perguruan tinggi mempunyai skor TPA yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan peserta yang baru lulus dari pendidikannya; peserta yang telah memasuki usia 35 tahun atau lebih punya kecenderungan skor yang diperolehnya relatif lebih rendah dari mereka yang lebih muda; peserta yang berlatar belakang pendidikan non eksakta mempunyai skor yang relatif lebih rendah bila dibandingkan peserta dengan latar belakang eksakta; dan peserta yang tinggal di luar Jawa rata-rata mengalami hal yang sama bila dibandingkan dengan peserta yang ada di Pulau Jawa. Karena secara umum potensi akademik merupakan potensi seseorang yang tidak ada korelasinya dengan latar belakang baik perbedaan usia, jenis kelamin, suku, wilayah, dll, maka kegiatan pelatihan TPA ini dianggap penting agar semua calon peserta tes disegarkan kembali ingatannya dan memiliki persepsi maupun memahami aturan main tes yang sama sehingga potensi akademisnya dapat terukur dengan tepat.

Pelatihan Tes Potensial Akademik akan sangat membantu terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan tes TPA atau mereka yang telah lama meninggalkan bangku kuliah;

Dengan mengadakan Pelatihan TPA yang akan diakhiri dengan evaluasi berupa Tes Prediksi TPA, maka baik Lembaga maupun Karyawan dapat memperkirakan potensi akademisnya, selain perasaan percaya diri lebih tinggi dalam menghadapi TPA.

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya Anda mengikuti Pelatihan TPA Bappenas. Karena dengan mengikuti Pelatihan TPA Bappenas, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat.

Jika Anda berminat mengikuti Pelatihan TPA Bappenas, silahkan hubungi kami melalui  KLIK WhatsApp Sekarang

Kontak-WA

Pelatihan Tes Potensial Akademik